Publikasi Statistik

Buku "Indonesia Educational Statistics in Brief 2014/2015" ini merupakan salah satu terbitan tahunan dari Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Buku ini terdiri dari empat bagian, yaitu informasi dasar, informasi pendidikan, biaya pendidikan, dan pencapaian pendidikan. Informasi dasar berisi tentang data demografi, pembagian wilayah, penduduk, sistem pendidikan, lembaga pendidikan, piramida pendidikan, dan arus siswa. Informasi pendidikan berisi tentang satuan pendidikan yang terdiri dari Taman Kanak-kanak, Sekolah Luar Biasa, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah, Pendidikan Semua Jenjang, dan Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal. Biaya pendidikan berisi tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara dan Anggaran Kemdikbud sedangkan pencapaian pendidikan dimaksud dilihat dari angka partisipasi kasar menurut jenjang pendidikan.
Buku Saku Ikhtisar Data Pendidikan ini disusun oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), untuk memenuhi berbagai permintaan data dan informasi pendidikan, khususnya bagi pimpinan dan pengambil keputusan di lingkungan Kemendikbud. Data pendidikan disajikan secara ringkas sekolah, siswa baru, siswa, kepala sekolah dan guru, rombongan belajar, ruang kelas, lulusan, dan mengulang, dilengkapi dengan indikator pendidikan, angka melanjutkan AM), angka partisipasi kasar (APK), angka partisipasi murni (APM).
Statistik Pendidikan Nonformal Tahun 2014 ini merupakan rangkuman dari beberapa jenis, program dan kelembagaan pendidikan nonformal yaitu Pendidikan Keaksaraan, pendidikan Kesetaraan, Program Kursus, dan Kelembagaan Pendidikan Nonformal (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat dan Taman Bacaan Masyarakat). Statistik ini disusun oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan, Sekretariat Jenderal.
Statistik Sekolah Luar Biasa (SLB) Tahun 2014/2015 ini disusun oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan, Data and Statistics, Sekretariat Jenderal. Data yang disajikan dalam statistik ini meliputi sekolah, siswa baru, siswa, lulusan, kepala sekolah, guru, rombongan belajar, dan ruang kelas.