Publikasi Statistik

Statistik Pendidikan Masyarakat Tahun 2018 ini merupakan rangkuman dari beberapa Jenis dan Satuan Pendidikan, yaitu Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), dan Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP). Data yang disajikan dalam statistik ini mencakup satuan pendidikan (SP), pendidik dan tenaga kependidikan (PTK), serta peserta didik (PD). Tabel-tabel yang disajikan dalam statistik ini disusun berdasarkan hasil verifikasi dan validasi data yang dikumpulkan oleh Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat. Data dikumpulkan dalam kurun waktu 1 Januari sampai 31 Desember 2018.
Statistik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Tahun 2018/2019 disusun oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan, Sekretariat Jenderal. Statistik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) mencakup Taman Kanak-Kanak, Kelompok Bermain, Taman Penitipan Anak, dan Satuan PAUD Sejenis. Data yang disajikan dalam statistik ini meliputi sekolah/lembaga, siswa/peserta didik, guru/pendidik, dan kepala sekolah/pengelola. Tabel-tabel yang disajikan dalam statistik ini disusun berdasarkan hasil verifikasi dan validasi data yang bersumber dari Data Pokok Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat. Tanggal pencacahan data adalah kurun waktu 1 Juli - 31 Desember 2018.
Salah satu indikator yang dapat digunakan untuk melihat keberhasilan Program Pembangunan Pendidikan, yaitu kepastian mendapatkan layanan pendidikan atau pemerataan dalam layanan pendidikan pada tingkat nasional, provinsi dan kabupaten/kota. Buku APK PAUD Tahun 2018/2019 disusun oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) berdasarkan data yang diolah dari Data Pokok Pendidikan (Dapodik) cut off 31 Desember 2018. PAUD mencakup TK, TKLB, RA, KB, TPA, dan SPS. Buku ini disusun untuk memenuhi kebutuhan data APK sebagai bahan perumusan kebijakan, penyusunan perencanaan, dan penyusunan laporan dibidang pendidikan.
Buku Saku Ikhtisar Data Pendidikan Dasar dan Menengah ini disusun oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK), Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), untuk memenuhi berbagai permintaan data dan informasi pendidikan. Data pendidikan yang disajikan secara ringkas adalah sekolah, siswa baru, siswa, guru, rombongan belajar, ruang kelas, lulusan, putus sekolah, dan mengulang, dilengkapi dengan indikator pendidikan, angka melanjutkan (AM), angka partisipasi kasar (APK), angka partisipasi murni (APM).