Publikasi Statistik

Buku Statistik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Tahun 2019/2020 disusun oleh Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin), Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Statistik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) mencakup Taman Kanak-kanak (TK), Kelompok Bermain KB), Taman Penitipan Anak (TPA), dan Satuan PAUD Sejenis (SPS). Data yang disajikan dalam statistik ini meliputi sekolah, siswa, pendidik dan tenaga kependidikan, rombongan belajar, dan ruang kelas. Tabel-tabel yang disajikan dalam statistik ini disusun berdasarkan hasil verifikasi dan validasi data yang bersumber dari Data Pokok Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (Dapopauddikmas). Tanggal pencacahan data adalah kurun waktu 1 Juli - 31 Desember 2019.
Buku Angka Layanan Pendidikan Kesetaraan (ALPK) Tahun 2018/2019 disusun oleh Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) bersumber pada data DapoPAUDDikmas, Dapodikdasmen, data EMIS Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama dan sekolah di bawah Bimas Kristen, Katholik, Hindu dan Budha, serta data proyeksi penduduk berdasarkan SP2010 oleh Bappenas dan BPS. Buku ini disusun untuk memenuhi kebutuhan data Angka Layanan Pendidikan Kesetaraan (ALPK) sebagai bahan perumusan kebijakan, penyusunan perencanaan, dan penyusunan laporan di bidang pendidikan. Diharapkan semua pihak yang berkecimpung dalam dunia pendidikan dapat memanfaatkan informasi dan menjadikan buku ini sebagai rujukan yang berkaitan dengan Angka Layanan Pendidikan Kesetaraan (ALPK) tahun 2018/2019.
Buku Statistik Pendidikan Masyarakat Tahun 2019 ini merupakan rangkuman dari beberapa jenis Satuan Pendidikan, yaitu Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), serta Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP). Statistik ini disusun oleh Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin), Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Data yang disajikan dalam statistik ini mencakup satuan pendidikan (SP), warga belajar (WB), pendidik dan tenaga kependidikan (PTK), rombongan belajar (Rombel), dan ruang kelas. Tabel-tabel yang disajikan dalam statistik ini disusun berdasarkan hasil verifikasi dan validasi data yang dikumpulkan oleh Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat. Data dikumpulkan dalam kurun waktu 1 Januari sampai 31 Desember 2019.
Buku saku Ringkasan Data Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) Tahun 2018/2019 ini disusun oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) untuk memenuhi berbagai permintaan data dan informasi pendidikan, khususnya bagi pimpinan dan pengambil keputusan di lingkungan Kemendikbud. Data pendidikan disajikan secara ringkas meliputi data satuan pendidikan (SP)/lembaga, peserta didik (PD), pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) yang dilengkapi dengan indikator pendidikan dan angka partisipasi kasar (APK). Selain angka absolut, data juga disajikan dalam bentuk persentase. Data disajikan dalam bentuk tabel dan grafik untuk memberikan kemudahan bagi para pembaca. Waktu pencatatan data untuk Satuan Pendidikan (SP) TK, KB, TPA, SPS, SKB, PKBM, dan LKP adalah 31 desember 2018.