Publikasi Hasil Analisis

Keberhasilan Program Pembangunan Pendidikan digambarkan dalam Misi 5 M. Adapun Misi pembangunan pendidikan dan kebudayaan tahun 2015-2019, terdiri dari 1) Memujudkan pelaku pendidikan dan kebudayaan yang kuat; 2) Mewujudkan akses yang meluas, merata, dan berkeadilan; 3) Mewujudkan pembelajaran yang bermutu; 4) Mewujudkan pelestarian kebudayaan dan pengembangan bahasa; 5) Mewujudkan penguatan tata kelola serta peningkatan efektivitas birokrasi dan pelibatan publik. Salah satu indikator yang dapat digunakan untuk melihat keberhasilan Program Pembangunan Pendidikan, yaitu kepastian mendapatkan layanan pendidikan atau pemerataan dalam layanan pendidikan pada tingkat nasional, provinsi dan kabupaten/kota, adalah melalui APK (Angka Partisipasi Kasar) dan APM (Angka Partisipasi Murni) pada jenjang pendidikan PAUD, SD, SMP, dan SM di tingkat nasional, provinsi, serta kabupaten/kota.
Dalam rangka mewujudkan cita-cita mencerdaskan kehidupan bangsa dan sejalan dengna visi pendidikan nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mempunyai visi 2025 untuk menghasilkan insan Indonesia cerdas dan kompetitif. Untuk mencapai visi pendidikan 2025 maka dibagi dalam empat tema pembangunan pendidikan nasional, yaitu tema pembangunan pertama I (2005-2009) dengan fokus pada peningkatan kapasitas dari modernisasi, tema pembangunan II (2010-2014) dengan fokus pada penguatan pelayanan, tema pembangunan III (2015-2020) dengan fokus pada penguatan daya saing nasional, dan tema pembangunan IV (2021-2025) dengan fokus pada penguatan daya saing internasional.
Keberhasilan Program Pembangunan Pendidikan digambarkan dalam Misi 5 K. Adapun Misi 5 K yang dimaksud adalah ketersedian layanan pendidikan, keterjangkauan layanan pendidikan, meningkatkan kualitas mutu pendidikan, mewujudkan kesetaraan untuk pendidikan, dan misi yang terakhir adalah menjamin kepastian mendapatkan layanan pendidikan. Salah satu indikator yang dapat digunakan untuk melihat keberhasilan Program Pembangunan Pendidikan, khususnya pada misi yang ke-5, yaitu kepastian mendapatkan layanan pendidikan atau pemerataan dalam layanan pendidikan pada tingkat nasional, provinsi dan kabupaten/kota, adalah melalui APK (Angka Partisipasi Kasar) dan APM (Angka Partisipasi Murni) pada jenjang pendidikan PAUD, SD, SMP, dan SM di tingkat nasional, provinsi, serta kabupaten/kota.
Buku "Indonesia Educational Statistics in Brief 2016/2017" ini merupakan salah satu terbitan tahunan dari Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Buku ini terdiri dari empat bagian, yaitu informasi dasar, informasi pendidikan, biaya pendidikan, dan pencapaian pendidikan.