Publikasi Hasil Analisis

Buku Sistem Zonasi ini disusun oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK), Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Buku ini disusun sebagai panduan dalam rangka memberikan pemahaman yang utuh terhadap pelaksanaan sistem zonasi PPDB dan implikasinya pada peningkatan mutu pendidikan.
Keberhasilan Program Pembangunan Pendidikan digambarkan dalam Misi 5 M. Adapun Misi pembangunan pendidikan dan kebudayaan tahun 2015-2019, terdiri dari 1) Memujudkan pelaku pendidikan dan kebudayaan yang kuat; 2) Mewujudkan akses yang meluas, merata, dan berkeadilan; 3) Mewujudkan pembelajaran yang bermutu; 4) Mewujudkan pelestarian kebudayaan dan pengembangan bahasa; 5) Mewujudkan penguatan tata kelola serta peningkatan efektivitas birokrasi dan pelibatan publik. Salah satu indikator yang dapat digunakan untuk melihat keberhasilan Program Pembangunan Pendidikan, yaitu kepastian mendapatkan layanan pendidikan atau pemerataan dalam layanan pendidikan pada tingkat nasional, provinsi dan kabupaten/kota, adalah melalui APK (Angka Partisipasi Kasar) dan APM (Angka Partisipasi Murni) pada jenjang pendidikan PAUD, SD, SMP, dan SM di tingkat nasional, provinsi, serta kabupaten/kota.
Buku Profil Budaya dan Bahasa Kota Ternate ini merupakan salah satu terbitan tahunan dari Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Penyusunan profil ini dilakukan berdasarkan hasil verifikasi dan validasi data kebudayaan dan bahasa di wilayah Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara dalam rangka terwujudnya output layanan data dan informasi di Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Profil ini menguraikan kekayaan dan keragaman budaya Kota Ternate baik dari segi warisan budaya benda, warisan budaya tak benda dan bahasa.
Buku Profil Budaya dan Bahasa Kota Banda Aceh ini merupakan salah satu terbitan tahunan dari Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Penyusunan profil ini dilakukan berdasarkan hasil verifikasi dan validasi data kebudayaan dan bahasa di wilayah Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh dalam rangka terwujudnya output layanan data dan informasi di Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Profil ini menguraikan kekayaan dan keragaman budaya Kota Banda Aceh baik dari segi warisan budaya benda, warisan budaya tak benda dan bahasa.