Publikasi Hasil Analisis

Buku ”Analisis Data Pendidikan untuk Lembaga Internasional (Analisis Keuangan Kabupaten/Kota Tahun 2014 dan 2015)” pada tahun 2015 difokuskan pada analisis keuangan. Tujuan penulisan buku ini adalah untuk melakukan analisis data keuangan yang merupakan salah satu bagian yang setiap tahun diminta oleh lembaga internasional melalui kuesioner elektronik yang disebut World Education Indicators (WEI) 2015.
Buku ”Analisis Sumber Daya Manusia Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal Tahun 2013” ini bertujuan untuk melakukan kajian data pendidikan anak usia dini (PAUD) dan pendidikan nonformal (PNF) khusus tentang sumber daya manusia (SDM) pada program-program PAUD dan PNF. SDM yang dimaksud terdiri dari pendidik dan pengelola. Program PAUD dan PNF yang dimaksud terdiri dari pendidikan keaksaraan, PAUD, taman kanak-kanak (TK), pendidikan kesetaraan yang terdiri dari paket A setara SD, paket B setara SMP, dan paket C setara SMA serta kursus.
Buku “Infografi Pendidikan Tahun 2013/2014” ini merupakan salah satu bentuk pendayagunaan data pendidikan untuk memberikan gambaran mengenai capaian pembangunan pendidikan di tingkat nasional dan provinsi berdasarkan misi 5K. Misi 5K merupakan misi pembangunan pendidikan tahun 2010-2014, yaitu ketersediaan layanan pendidikan, keterjangkauan layanan pendidikan, kualitas layanan pendidikan, kesetaraan memperoleh layanan pendidikan, dan kepastian memperoleh layanan pendidikan.
Keberhasilan Program Pembangunan Pendidikan digambarkan dalam Misi 5 K. Adapun Misi 5 K yang dimaksud adalah ketersedian layanan pendidikan, keterjangkauan layanan pendidikan, meningkatkan kualitas mutu pendidikan, mewujudkan kesetaraan untuk pendidikan, dan misi yang terakhir adalah menjamin kepastian mendapatkan layanan pendidikan. Salah satu indikator yang dapat digunakan untuk melihat keberhasilan Program Pembangunan Pendidikan, khususnya pada misi yang ke-5, yaitu kepastian mendapatkan layanan pendidikan atau pemerataan dalam layanan pendidikan pada tingkat nasional, provinsi dan kabupaten/kota, adalah melalui APK (Angka Partisipasi Kasar) dan APM (Angka Partisipasi Murni) pada jenjang pendidikan PAUD, SD, SMP, dan SM di tingkat nasional, provinsi, serta kabupaten/kota.