Publikasi Hasil Analisis

Buku ini adalah buku 2 yang berisi 14 kabupaten/kota di pulau Sumatera, yaitu Kabupaten Aceh Besar, Kota Sabang, Kabupaten Simeuleu, kabupaten serdang berdagai, Kota Medan, Kota Padang, Kota Pariaman, Kabupaten Tanah Datar, Kaupaten Pelalawan, Kabupaten Kampar, Kota Payakumbuh, Kabupaten Bintan, Kota Batam, dan Kabupaten Batanghari.
Buku ini terdiri dari 5 jenis, yaitu buku 1, buku 2, buku 3, buku 4, dan buku 5. Masing-masing buku berisi data kabupaten/kota sampel terpilih yang berbeda. Buku ini adalah buku 1 yang berisi 12 kabupaten/kota di pulau Jawa, yaitu Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Kota Banjar, Kota Depok, Kabupaten Karawang, Kota Tangerang, Kabupaten Temanggung, Kota Magelang, Kota Yogyakarta, Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Sampang, dan Kabupaten Malang.
Buku ini adalah Buku 2 yang menyajikan perkembangan data yang terdiri dari lima variabel pokok, yaitu lembaga, mahasiswa baru, mahasiswa, lulusan, dan dosen. Selain perkembangan data pendidikan tinggi, disajikan pula perkembangan indikator pendidikan tinggi. Indikator pendidikan tinggi disusun dengan mendasarkan pada Rencana Strategis Pendidikan 2010-2014, yaitu Misi 5K namun hanya digunakan Misi K-1 dan K-3 tentang peningkatan layanan pendidikan dan peningkatan mutu dan relevansi layanan pendidikan Selain itu, disajikan pula indikator penunjang. Misi K-1 menggunakan lima jenis indikator, yaitu Angka Partisipasi Kasar, Rasio Mahasiswa per Lembaga, Rasio Mahasiswa per Dosen, Angka Melanjutkan, dan Persentase Mahasiswa Baru. Misi K-3 menggunakan tiga jenis indikator, yaitu Persentase Dosen Layak, Angka Lulusan, dan Rasio Dosen per Lembaga. Indikator penunjang dimaksud ada tiga jenis, yaitu persentase mahasiswa baru, mahasiswa, dan lulusan menurut program studi.
Buku Perkembangan Pendidikan Tinggi, Tahun 1999/2000—2011/2012 ini merupakan salah satu publikasi Pusat Data dan Statistik Pendidikan (PDSP), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Buku ini terdiri dari dua jenis, yaitu 1) Buku 1 memberikan gambaran dan analisis secara menyeluruh mengenai perkembangan pendidikan tinggi pada 13 tahun data atau perkembangan selama 12 tahun pada tingkat nasional dan 2) Buku 2 merupakan perkembangan data dan indikator pendidikan tinggi pada tahun yang sama di tingkat provinsi. Sumber data yang digunakan untuk menyusun kedua buku ini adalah Statistik Perguruan Tinggi Negeri dan Statistik Perguruan Tinggi Swasta, Tahun 1999/2000 sampai Tahun 2011/2012.