Publikasi Hasil Analisis

Hasil studi menunjukkan bahwa pada indikator ketersediaan layanan pendidikan kursus yaitu rasio peserta didik per lembaga secara nasional sebesar 104 artinya 1 LPK menampung 104 peserta didik. Rasio peserta didik per pendidik secara nasional sebesar 16. Tingginya rasio peserta didik per pendidik ini bisa berdampak pada tidak efektifnya proses belajar mengajar. Rasio pendidik per lembaga secara nasional sebesar 7. Tinggi atau rendahnya nya rasio pendidik per lembaga dapat berpengaruh pada mutu kursus karena lembaga tidak akan berjalan efektif jika Sumber Daya Manusia (SDM) di lembaga mengalami kekurangan.
Buku ”Data Pendidikan untuk Lembaga Internasional (WEI, OECD, UNESCO) 2013” ini bertujuan untuk menyajikan, mendokumentasikan, melakukan analisis data pendidikan yang setiap tahun diminta oleh lembaga internasional melalui kuesioner elektronik yang disebut World Education Indicators (WEI) 2013.
Buku “Infografi Pendidikan Tahun 2012/2013” ini merupakan salah satu bentuk pendayagunaan data pendidikan untuk memberikan gambaran mengenai capaian pembangunan pendidikan di tingkat nasional dan provinsi berdasarkan misi 5K. Misi 5K merupakan misi pembangunan pendidikan tahun 2010-2014, yaitu ketersediaan layanan pendidikan, keterjangkauan layanan pendidikan, kualitas layanan pendidikan, kesetaraan memperoleh layanan pendidikan, dan kepastian memperoleh layanan pendidikan.
Buku Indikator Pendidikan di Indonesia, Tahun 2012/2013 ini merupakan publikasi tahunan Pusat Data dan Statistik Pendidikan (PDSP), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Buku ini disusun dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan para pengambil keputusan dan penyusun kebijakan dalam memperoleh informasi tentang pendidikan yang akurat, valid, dan reliabel.