Publikasi Hasil Analisis

Buku “Analisis Partisipasi Kebudayaan” ini merupakan hasil pendayagunaan data budaya hasil survai BPS. Partisipasi budaya merupakan derajat tertentu tentang keterlibatan warga masyarakat dalam melakukan serangkaian aktivitas budaya.
Penilaian peserta didik pada pendidikan budaya dan karakter bangsa sudah dimasukkan di setiap mata pelajaran, di sini peserta didik sebagai objek penilaian. Penilaian pendidikan budaya dan karakter bangsa lewat unsur-unsur yang ada oleh peserta didik merupakan hal baru dan oleh karenanya perlu dikembangkan mengingat peserta didik merupakan insan yang sudah dewasa, sudah bisa menilai, dan pendapatnya cukup obyektif untuk dipertimbangkan, peserta didik di sini sebagai subjek penilaian.
Buku Indikator Pendidikan di Indonesia, Tahun 2015/2016 ini merupakan publikasi tahunan Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Buku ini disusun dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan para pengambil keputusan dan penyusun kebijakan dalam memperoleh informasi tentang pendidikan yang akurat, valid, dan reliabel.
Buku “Keberhasilan Program Pembangunan Pendidikan Dasar dan Menengah, Tahun 2015/2016” ini merupakan hasil pendayagunaan data dan statistik pendidikan yang mengkaji indikator pendidikan yang telah dikembangkan selama ini. Buku ini disusun dalam upaya memberikan gambaran keberhasilan program pembangunan pendidikan yang disajikan menurut misi 2, yaitu akses pendidikan dan misi 3, yaitu pembelajaran yang bermutu.