Publikasi Hasil Analisis

Buku “Infografi Pendidikan Tahun 2015/2016” ini merupakan salah satu bentuk pendayagunaan data pendidikan untuk memberikan gambaran mengenai capaian pembangunan pendidikan di tingkat nasional dan provinsi berdasarkan misi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Misi pembangunan pendidikan dan kebudayaan tahun 2015-2019, terdiri dari 1) Memujudkan pelaku pendidikan dan kebudayaan yang kuat; 2) Mewujudkan akses yang meluas, merata, dan berkeadilan; 3) Mewujudkan pembelajaran yang bermutu; 4) Mewujudkan pelestarian kebudayaan dan pengembangan bahasa; 5) Mewujudkan penguatan tata kelola serta peningkatan efektivitas birokrasi dan pelibatan publik.
Salah satu aspek budaya adalah jati diri. Jati diri atau yang lazim juga disebut identitas merupakan ciri khas yang menandai seseorang, sekelompok orang, atau suatu bangsa. Jika ciri khas itu menjadi milik bersama suatu bangsa, hal itu tentu menjadi penanda Jati diri bangsa tersebut.
Salah satu bentuk budaya adalah kearifan lokal. Kearifan lokal merupakan tata nilai atau perilaku hidup masyarakat lokal dalam berinteraksi dengan lingkungan tempatnya hidup secara arif. Arus globalisasi saat ini telah menimbulkan pengaruh negatif terhadap perkembangan budaya dan nilai-nilai kearifan lokal yang dimiliki bangsa Indonesia. Arus globalisasi yang deras menawarkan gaya hidup yang cenderung pragmatis serta bergaya hidup konsumtif terbukti secara perlahan-lahan telah mereduksi nilai-nilai yang diajarkan dalam kearifan lokal.
Buku “Analisis Anak Tidak Sekolah Usia 7-18 Tahun” ini bertujuan untuk mengetahui gambaran mengenai kondisi anak yang tidak sekolah yang ada.