Publikasi Hasil Analisis

Pengelola data Pendidikan Masyarakat yang baik akan berdampak pada pengelolaan BOP yang ada di lembaga. Gambaran pengelola data Pendidikan Masyarakat dalam pengelolaan BOP Kesetaraan memberikan informasi terkait perkembangan peserta didik Kesetaraan sampai dengan tahun 2018. Selain itu juga disajikan data hasil survei pada responden operator tingkat kabupaten/kota dan satuan pendidikan terkait pertanyaan tentang BOP, yang meliputi pengetahuan tentang BOP, penerimaan program, sosialisasi, juknis, pengetahuan tentang batas waktu melengkapi data. Kehadiran publikasi ini diharapkan dapat menjadi salah satu rujukan dalam memberikan rekomendasi terkait kebijakan dan strategi pembangunan di bidang ketercapaian program BOP Pendidikan Kesetaraan.
Pemahaman pengelola data PAUD terhadap pengelolaan data perlu diketahui karena dalam pelaksanaan pengelolaan data masih ditemukan beberapa kesalahan baik pada saat pengumpulan ataupun verifikasi dan validasi data yang dilakukan oleh operator satuan pendidikan. Sumber data yang digunakan dalam penulisan buku ini berasal dari survei yang dilakukan pada saat pelaksanaan bimbingan teknis verifikasi, validasi dan integrasi data PAUD di kabupaten/kota tahun 2019. Instrumen survei berupa kuesioner tertutup yang diisi oleh operator satuan pendidikan sebagai responden. Survei yang dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Pemilihan sampel survei menggunakan teknik accidental sampling. Hasil survei ini diharapkan dapat memberikan gambaran pemahaman pengelola data PAUD terhadap pengelolaan data sehingga dapat dijadikan bahan evaluasi dalam pengelolaan data PAUD selanjutnya.
Buku “Indeks Mutu Pendidikan Berbasis Zonasi” ini merupakan salah satu terbitan dari Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku ini merupakan terbitan pertama tentang indeks mutu pendidikan yang memberikan informasi tentang jumlah zona di setiap provinsi, jumlah sekolah SD, SMP, SMA dan SMK yang menjadi anggota dari zona, nilai indeks mutu pendidikan per jenjang dan rata-ratanya di setiap zona serta peta tematik nilai Indeks Mutu Pendidikan per zona.
Profil ini menguraikan kekayaan dan keragaman budaya Kabupaten Bulukumba baik dari segi warisan budaya benda, warisan budaya takbenda dan bahasa. Hal ini bertujuan agar data kebudayaan dan kebahasaan dapat lebih berdaya guna dan berhasil guna untuk mendukung pelaksanaan pemajuan kebudayaan, yaitu untuk melindungi, memanfaatkan, dan mengembangkan kebudayaan Indonesia.