Publikasi Hasil Analisis

Salah satu bentuk budaya adalah kearifan lokal. Kearifan lokal merupakan tata nilai atau perilaku hidup masyarakat lokal dalam berinteraksi dengan lingkungan tempatnya hidup secara arif. Arus globalisasi saat ini telah menimbulkan pengaruh negatif terhadap perkembangan budaya dan nilai-nilai kearifan lokal yang dimiliki bangsa Indonesia. Arus globalisasi yang deras menawarkan gaya hidup yang cenderung pragmatis serta bergaya hidup konsumtif terbukti secara perlahan-lahan telah mereduksi nilai-nilai yang diajarkan dalam kearifan lokal.
Buku “Analisis Anak Tidak Sekolah Usia 7-18 Tahun” ini bertujuan untuk mengetahui gambaran mengenai kondisi anak yang tidak sekolah yang ada.
PERKEMBANGAN GURU TAHUN 2009/2010 - 2014/2015 (Lanjutan)
Buku “Perkembangan Guru Tahun 2009/2010—2014/2015” ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang guru dalam tiga hal, yaitu perkembangan data guru dan tutor selama 5 tahun, perkembangan indikator dan parameter guru selama 5 tahun, dan perkembangan kinerja guru SD, SMP, SM selama 5 tahun. Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 20, Tahun 2013 tentang Sistem Pendidikan Nasional maka dalam tulisan berikutnya disebut pendidik bila yang dibahas pendidikan formal dan nonformal, disebut guru bila yang dibahas pendidikan formal, dan disebut tutor bila yang dibahas pendidikan nonformal.