Publikasi Hasil Analisis

Profil ini menguraikan kekayaan dan keragaman budaya Kota Serang baik dari segi warisan budaya benda, warisan budaya tak benda dan bahasa. Hal ini bertujuan agar data kebudayaan dan kebahasaan dapat lebih berdaya guna dan berhasil guna untuk mendukung pelaksanaan pemajuan kebudayaan, yaitu untuk melindungi, memanfaatkan, dan mengembangkan kebudayaan Indonesia.
Profil ini menguraikan kekayaan dan keragaman budaya Kota Ambon baik dari segi warisan budaya benda, warisan budaya takbenda dan bahasa. Hal ini bertujuan agar data kebudayaan dan kebahasaan dapat lebih berdaya guna dan berhasil guna untuk mendukung pelaksanaan pemajuan kebudayaan, yaitu untuk melindungi, memanfaatkan, dan mengembangkan kebudayaan Indonesia.
Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) adalah sarana untuk mengukur kemahiran seseorang dalam berbahasa Indonesia baik lisan dan tulis. Salah satu profesi yang keikutsertaannya sangat diharapkan dalam UKBI adalah guru. Kemahiran guru dalam berbahasa Indonesia harus diperhatikan karena dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar sehari-hari seorang guru tidak lepas dari penggunaan bahasa Indonesia. Hasil UKBI dapat dijadikan standar tingkat kemampuan guru dalam berbahasa Indonesia. Dengan analisis ini, penulis mencoba memberikan gambaran kondisi hasil UKBI pada guru di Indonesia.
Keberadaan museum sebagai lembaga yang melayani masyarakat untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan kesenangan sangatlah penting. Akan tetapi, kondisi dan situasi museum sendiri belum sepenuhnya mampu menarik perhatian dan dirasakan kemanfaatannya oleh masyarakat. Untuk meningkatkan kualitas pengelolaan museum dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat diperlukan adanya standardisasi museum. Hasil standardisasi menjadi acuan baku untuk pengelolaan museum-museum di Indonesia. Tulisan ini merangkum dan menganalisis hasil penilaian standardisasi museum yang telah dilakukan pada tahun 2017-2018 untuk mengetahui gambaran kondisi museum di Indonesia.