Publikasi Hasil Analisis

Subak adalah adalah organisasi tradisional di bidang tata guna air dan atau tata tanaman di tingkat usaha tani pada masyarakat adat di Bali yang bersifat sosioagraris, religius, ekonomis yang secara historis terus tumbuh dan berkembang. Pada era modern ini kebertahanan subak seolah diuji. Pengaruh globalisasi yang seolah menggerus kearifan lokal masyarakat menimbulkan pertanyaan bagaimana kearifan lokal dalam hal ini subak mampu sebagai penjamin tercapainya ketahanan pangan dan ketahanan hayati. Hasil kajian ini menunjukkan kelestarian subak saat ini masih kurang terjaga. Hasil kajian ini diharapkan dapat digunakan oleh pemerintah dan lembaga-lembaga terkait dalam penyusunan program perencanaan kelestarian subak, pengembangan zonasi yang mengatur penggunaan lahan di wilayah pertanian subak, meningkatkan perhatian pemerintah terhadap kesejahteraan petani, dan sosialisasi mengenai pentingnya subak bagi kebudayaan Bali kepada masyarakat maupun wisatawan.
Buku Indikator Pendidikan di Indonesia Tahun 2017/2018 ini disusun oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK), Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), untuk memenuhi memenuhi kebutuhan pengambil keputusan dan penyusun kebijakan dalam memperoleh informasi pendidikan yang akurat. Materi utama dalam buku ini adalah Statistik Pendidikan Tahun 2017/2018 yang dirinci menurut misi pendidikan 5M.
Buku Infografis Pendidikan Tahun 2018/2019 ini disusun oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK), Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Buku ini merupakan salah satu wujud pendayagunaan data pendidikan yang menyajikan data pendidikan yang meliputi data Satuan Pendidikan, Peserta Didik, Pendidik, Rombongan Belajar, Ruang Kelas, dan Indikator Pendidikan.
Buku Keberhasilan Program Pembangunan Pendidikan Dasar dan Menengah Tahun 2017/2018 ini disusun oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK), Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Buku ini merupakan hasil pendayagunaan data dan statistik pendidikan yang telah dikembangkan selama ini. Buku ini disusun dalam upaya memberikan gambaran keberhasilan program pembangunan pendidikan yang dikaji berdasarkan misi Kemendikbud M2, yaitu mewujudkan akses yang meluas, merata, dan berkeadilan, dan misi M3 yaitu mewujudkan pembelajaran yang bermutu.